-->

Artikel Terbaru

Manfaat Memahami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)

Di era milenial ini pasti tidak jarang kita mendengar bahasa indonesia yang dipelintir, disingkat, ataupun mencampurkan bahasa asing dengan Bahasa Indonesia, ada juga bahasa gaul yang kebanyakan digunakan oleh anak-anak zaman sekarang. Hal ini dijadikan kebiasaan dan terbawa dan mempengaruhi dalam pemilihan bahasa ketika menulis naskah ataupun skripsi, akibatnya naskah atau skipsi tersebut berujung "revisi".

EYD Ejaan Yang Disempurnakan

Begitu pentingnya Ejaan yang Disempurnakan (EYD) hingga naskah atau skripsi yang baik harus mematuhi aturannya. Maka dari itu kita harus mempelajari Ejaan Yang Disempurnakan sejak dini agar hal-hal tersebut tidak terjadi.

Selain itu, manfaat mempelajari Ejaan Yang Disempurnakan mulai dini ialah menghargai sebuah bahasa negara sendiri dan melestarikan bahasa persatuan, karena bagaimanapun Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan untuk Bangsa Indonesia.


Ejaan Yang Disempurnakan menjadikan salah satu aturan berbahasa yang seharusnya dipatuhi agar Bahasa Indonesia tetap menjadi bahasa kebanggan negara. Ejaan Yang Disempurnakan juga dapat digunakan dalam aktivitas-aktivitas resmi yang membutuhkan bahasa resmi, baik, dan benar, jika kita berada di sebuah forum resmi, pertemuan penting, tentunya kita tidak akan menggunakan bahasa-bahasa gaul yang sehari-harinya kita gunakan. Jika kita sudah terbiasa menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, maka kita tidak akan canggung lagi saat berbicara di acara resmi yang sedang kita hadiri.

Manfaat lainnya yaitu membuat pribadi kita terlihat pribadi yang lebih santun. Sebab tutur kata penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar sangatlah halus dan terkesan sopan. Ketika kita terbiasa menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar, secara otomatis pribadi kita akan menjadi lebih sopan dan santun, dengan begitu kita bisa dengan mudah berkomunikasi dengan orang-orang yang mungkin terbiasa dengan Ejaan Bahasa Indonesia yang Disempurnakan tersebut.

Di sisi lain Ejaan Yang Disempurnakan juga bermanfaat sebagai pengendali perkembangan bahasa Indonesia, karena ternyata ejaan yang disempurnakan juga ada ketentuan hukumnya yaitu Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 46 Tahun 2009 tentang Pedoman Umum Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan. Dalam peraturan tersebut ada banyak hal yang diatur seperti, pemakaian huruf, penulisan kata, pemakaian tanda baca, penulisan unsur serapan dan lain-lain.

Oleh karena itu, memahami penggunaan Ejaan yang Disempurnakan sangatlah penting terutama bagi para mahasiswa yang dalam proses menyelesaikan skripsinya ataupun para pekerja kantoran atau pegawai negeri sipil yang diharuskan bertemu dengan orang-orang penting atau klien-klien, tentu saja dituntut untuk menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Maka, sudah sepatutnya mempelajari Ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan sejak dini sangatlah bermanfaat di masa mendatang. Nah, demikian sekilas mengenai manfaat Ejaan yang Disempurnakan. Ilmu yang baik ialah didapatkan dengan cara luhur dan disebarkan kepada yang belum mengetahui hingga menambah keberkahan ilmu tersebut. Mari mencari ilmu dan menebarnya!


Baca Juga:

Mau puisi atau karya sastra kamu di tampilkan di situs ini? Silakan kirim karya kamu dengan klik >> KIRIM KARYAMU. Tulisan tentang Manfaat Memahami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD) ini, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi kamu semua.
loading...

0 Response to "Manfaat Memahami Ejaan Yang Disempurnakan (EYD)"

Post a Comment

Silakan komentar dengan sopan dan beretika. Komentar yang mengandung SARA, spam, hate speech, akan dihapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close