-->

Artikel Terbaru

Sejarah dan Manfaat Mengenal Bahasa Indonesia

Sejarah telah memberikan kepada kita, bahwa bangsa Indonesia menggunakan satu bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia, karena terpilihnya bahasa Melayu menjadi bahasa-bahasa persatuan kita dengan nama baru Bahasa Indonesia.

Sejarah Bahasa Indonesia

Peristiwa tersebut telah terjadi menurut perputaran roda sejarah dan sampai pada hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 1928, saat diikrarkannya satu tanah air, satu bangsa, dan satu bahasa yang semuanya dengan nama Indonesia, sejarah perkembangan bahasa Melayu berjalan dengan mulus.

sejarah bahasa indonesia

Sesudah pertengahan abad ke-19, Gubernur Jenderal Rochussen melihat bahwa bahasa Melayu digunakan orang di mana-mana sebagai bahasa penghubung. Oleh karena itu kemudian pemerintah Belanda menetapkan bahwa Bahasa Melayu hendaklah dijadikan bahasa pengantar di sekolah-sekolah melayu untuk memperoleh tenaga-tenaga administrasi yang murah dalam pemerintahan.

Tindakan yang di ambil oleh pemerintah Belanda itu tanpa mereka sadari telah menguntungkan bagi perkembangan bahasa Melayu kelak, cikal-bakal bahasa indonesia, yang akan menjadi bahasa nasional dan bahasa pemersatu bagi seluruh penduduk yang mendiami wilayah Hindia Belanda, wilayah yang kemudian dituntut oleh bangsa indonesia menjadi wilayah Republik Indonesia.

Penyelidikan kepurbakalaan di daerah Sumatera Selatan telah dapat menemukan beberapa piagam yang berisi catatan-catatan yang bernilai kesejarahan yang menggunakan media bahasa. Aktualisasi bahasa dalam piagam-piagam ini menggunakan pola struktur bahasa yang boleh dikatakan sama dengan pola struktur Bahasa Melayu, disamping keadaan yang ada dalam kosa kata dan sebagainya (G.Coedes), 1930 : J.G. de casparis, 1956: M.G Emeis,1952 : H.Kahler, 1956:A.Teuw, 1959).

Tapi di samping persamaan yang ada juga ada beberapa hal yang berbeda, yang mungkin tidak ada lagi dalam Bahasa Melayu. Karena itu ia tak begitu saja dapat dinamakan Bahasa Melayu (BM), tapi diberi nama Bahasa Melayu Kuno (BMKN). Penamaan ini dilakukan dengan dijalan analogi yang ada pada bahasa jawa, yaitu penamaan Bahasa Jawa Kuno untuk bahasa Jawa yang berasal dari zaman yang lebih tua, yang sudah berbeda dengan bahasa jawa sekarang.

Penamaan aktualisasi bahasa ini sebagai aktualisasi BMKN dapat diterima banyak hal-hal yang dapat membenarkan ini yaitu:
  1. Pola struktur bahasa dari aktualisasi bahasa itu dekat dengan pola struktur Bahasa Melayu (BM), meskipun banyak sarjana bahasa meragukan pola struktur bahasa.
  2. Kosakata dasarnya yang ada menunjukkan adanya hubungan yang dekat antara bahasa yang digunakan dalam piagam itu dengan Bahasa Melayu.
  3. Aktualisasi bahasa itu berasal dari zaman yang lebih tua dari zaman sekarang, yaitu dari abad ke 7 masehi, sehingga dapat dinamakan sebagai BMKN ini merupakan asal yang langsung dari Bahasa Melayu yang kemudian juga ada yang menjadi B.I. BI secara resmi dimulai sejarahnya pada tanggal 28-10-1928, meskipun ia sebelum itu telah ada. Ia dapat dianggap sebagai sambungan yang tidak langsung dari BM, karena ada kalanya keduanya sama-sama digunakan, karena keduanya mempunyai dua lapangan pemakaian yang berbeda.

Bahasa Melayu (BM) digunakan sebagai bahasa resmi kedua oleh pemerintahan dijajahan Hindia Belanda untuk keperluan kelangsungan penjajahan tentunya sebaliknya BI hidup diluar lingkungan administrasi Belanda itu, bahkan boleh dikatakan untuk menghilangkannya dalam usaha mereka untuk mewujudkan didapatnya kembali kemerdekaan indonesia yang telah dirampas belanda beberapa pada abad yang lalu.

Bahasa Melayu adalah bahasa yang rendah kedudukannya dibandingkan dengan bahasa Belanda. Ia hanya digunakan sebagai bahasa pengantar pada beberapa sekolah rendah yang disediakan bagi penduduk pribumi, yaitu sekolah yang biasanya disebut dengan nama sekolah angka dua di jawa ataupun sekolah gupernemen.


Pada sekolah-sekolah desa yaitu sekolah yang terdiri dari tiga tahun yang ada dibawah sekolah angka tadi digunakan bahasa nusantara yang lain. Disini terlihat bagaimana pendeknya pendidikan Bahasa Melayu (BM) itu, yaitu hanya 2 tahun saja.

Di samping itu juga dapat dikatakan bahwa BM telah mendapat tantangan pertama dari bahasa nusantara yaitu dengan digunakannya bahasa nusantara yang lain pada sekolah-sekolah desa, yang memakan waktu lebih dari separuh dari masa pendidikan yang rata-rata mungkin dapat dicapai oleh sebagian terbesar rakyat Indonesia. (Dan ini tentu saja adalah politik dari pemerintahan Hindia Belanda.)

Dan hal ini ditambah lagi dengan suasana bahasa dari tiap murid, yang justru bahasa rumah tangganya adalah salah satu dari bahasa nusantara tadi. Karena itu dapat di pajangkan bagaimana ketelitian hasil yang dapat dicapai dengan cara ini, sehingga tidak mengherankan bila BM hanya dikenal oleh sekelompok kecil saja dari penduduk Indonesia yang dapat tulis baca.

Manfaat Mengenal Sejarah Bahasa Indonesia

Bangsa yang bijak adalah bangsa yang mengenali sejarahya. Kenapa sih kita harus mempelajari sejarah bahasa Indonesia? Apa manfaat belajar sejarah bahasa indonesia? Apa kaitan kehidupan kita dengan belajar bahasa? Karena ada perkataan bijak yang mengatakan bahwa “History repeats itself”.
Sejarah itu berulang kembali. Hal yang pernah terjadi di masa lampau, suatu saat akan terjadi lagi dengan variasi yang berbeda akan tetapi ekstensinya sama. Manusia yang bijak adalah manusia yang mempelajari sejarah atau masa lalu dan mencegah agar tidak mengulangi kesalahan yang dibuat oleh pendahulunya.

Bahasa Indonesia seperti yang sudah diuraikan sebelumnya pada umumnya adalah bahasa melayu yang pada zaman kerajaan sriwijaya bahasa melayu itu digunakan sebagai bahasa penghubung antar suku di Nusantara. Selain menjadi bahasa penghubung antar suku bahasa melayu ini bahasa penghubung antar pedagang nusantara maupun penduduk luar nusantara. Bahasa melayu kemudian menyebar ke seluruh nusantara bersamaan dengan penyebaran agama Islam, dan bahasa ini juga semakin kokoh karena bahasa ini mudah diterima dengan baik oleh masyarakat sebagai bahasa penghubung mereka.

Salah satu manfaat belajar sejarah Bahasa Indonesia yaitu untuk berkomunikasi. Kehidupan manusia tidak mungkin dilepaskan dari kegiatan berkomunikasi. Apalagi di zaman sekarang yang mana alat-alat canggih dapat berkomunikasi contohnya seperti komputer, ponsel dan lain sebagainya akan semakin dahsyat perkembangannya yang mana akan mempengaruhi penggunaan bahasa komunikasinya setiap saat. Namun, sekian banyak orang tidak tahu ada banyak manfaat dalam mempelajari sejarah Bahasa Indonesia yaitu:

1. Membuat Kita Semakin Cinta Terhadap Tanah Air

Sebelum Indonesia merdeka, pada tahun 1928 para pemuda Indonesia mengukuhkan Bahasa Indonesia menjadi bahasa persatuan dan menjadikan Bahasa Indonesia sebagai alat interaksi antar suku yang berada di wilayah Indonesia pada saat itu. Kita sebagai generasi muda yang milenial harus mengerti manfaat dari sejarah Bahasa Indonesia akan menumbuhkan rasa memiliki terhadap negara.

2. Melestarikan Bahasa Indonesia

Hal yang paling penting dalam mempelajari sejarah Bahasa Indonesia adalah melestarikannya. Karena jika kita sering menggunakan kata serapan bahasa asing akan menyebabkan kepunahan bahasa ini secara perlahan. Contoh kata serapan bahasa asing adalah upload yang bisa digantikan dengan kata unggah, download bisa juga digantikan dengan kata unduh.

3. Mengetahui Budaya Luhur Indonesia

Salah satu unsur kebudayaan adalah bahasanya. Kosakata dalam bahasa mencerminkan sebuah budaya dalam suatu bangsa, misalnya mempelajari suatu peribahasa. Contoh peribahasa yang tercermin dari budaya di Indonesia adalah bersatu kita teguh bercerai kita runtuh, dan peribahasa budaya Indonesia yang menunjukan kegigihan Indonesia yaitu tiada rotan akar pun jadi. Selain peribahasa, ungkapan-ungkapan juga mencerminkan budaya seperti buah tangan yaitu oleh-oleh.

Nah, dengan begitu banyaknya kosakata pada Bahasa Indonesia seharusnya kita semakin mencintai bahasa yang sejak lahir kita gunakan ini. Bukan tidak boleh menggunakan bahasa asing, namun kecintaan kita terhadap bahasa Indonesia lah yang harus terus dibangun. Semoga bermanfaat.


Baca Juga:

Mau puisi atau karya sastra kamu di tampilkan di situs ini? Silakan kirim karya kamu dengan klik >> KIRIM KARYAMU. Tulisan tentang Sejarah dan Manfaat Mengenal Bahasa Indonesia ini, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi kamu semua.
loading...

0 Response to "Sejarah dan Manfaat Mengenal Bahasa Indonesia"

Post a Comment

Silakan komentar dengan sopan dan beretika. Komentar yang mengandung SARA, spam, hate speech, akan dihapus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close