-->

Artikel Terbaru

Cara Buat Pantun Paling Mudah

Sedang bingung dan galau belum bisa menemukan ide untuk membuat pantun? Kamu berada di tempat yang tepat sob. Saya akan memberikan tips cara membuat pantun paling mudah yang bisa langsung kamu praktikkan.

Cara Buat Pantun Termudah

Pengertian Pantun

Sebelum ke tipsnya, kita cari tahu dulu apa itu pantun. Pantun merupakan salah satu bagian dari jenis puisi lama. Puisi terdiri dari sampiran dan isi. Sampiran merupakan kalimat pengantar, sedangkan isi merupakan makna dari pantunnya.

Seperti halnya puisi-puisi lainnya, pantun juga mempunyai keindahan untuk kita dengar dan rasakan. Namun, tentunya bukan hanya dari keindahannya saja, tapi juga terdapat banyak pesan moral yang ingin kita sampaikan bagi pendengar maupun pembacanya. Nah, simak tips dan cara membuat pantun paling mudah berikut ini.

Langkah #1 Siapkan Tema

Seperti halnya karya sastra lain, pantun juga perlu tema atau topik yang sesuai. Misalnya kita akan mengambil tema tentang emosi marah. Maka fokuslah ke tema tersebut, jangan pilih tema lain dulu.

Langkah #2 Pilih Kata yang Berakhiran Sama

Sudah tahu dong kalau pantun itu pasti mengandalkan kata akhir yang bunyinya sama. Dengan kata akhir yang bunyinya sama pantun akan terasa indah didengar sob. Contohnya kata indah, payah, kesah, dan marah. Kalau belum tahu, kamu bisa lihat kumpulan kosakata yang berakhiran sama di link ini. Nah, dengan bermodalkan kata akhir yang berakhiran sama tersebut, maka sebenarnya itu 50% sudah hampir jadi pantunnya. Jadi apabila kita susun maka akan seperti ini:

..................... indah
..................... payah
..................... kesah
..................... marah

Kata-kata yang akan kita sisipkan pada titik-titik tersebut tinggal kita rangkai saja sesuai logika. Poin pentingnya adalah isinya yang kita utamakan, karena disitulah kekuatan pantun sebenarnya. Jadi bisa kita uraikan isinya menjadi:

tak ada guna berkeluh kesah
bila kamu masih marah

Dan untuk sampirannya, bisa kita rangkai sesuai logika juga dengan menggunakan kata akhir yang telah kita siapkan sebelumnya. Jadi sampirannya bisa seperti ini:

hijau rerumputan terlihat indah
namun hujan membuat payah

Nah, bila kita gabungkan antara sampiran dengan isinya maka akan jadi seperti ini:

hijau rerumputan terlihat indah
namun hujan membuat payah
tak ada guna berkeluh kesah
bila kamu masih marah

Bagaimana, mudah bukan cara membuat pantunnya?
Nah, tips cara membuat pantun paling mudah ini semoga menginspirasi ya.

Baca Juga:

Mau puisi atau karya sastra kamu di tampilkan di situs ini? Silakan kirim karya kamu dengan klik >> KIRIM KARYAMU. Tulisan tentang Cara Buat Pantun Paling Mudah ini, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi kamu semua.
loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close