-->

Artikel Terbaru

Cara Membuat Puisi Paling Mudah Bagi Pemula

Cara Membuat Puisi Paling Mudah Bagi Pemula Sudah bisa membuat atau menulis Puisi? Hah, belum? Anda menemukan solusi yang tepat sob. Sebelumnya, kita ketahui terlebih dahulu apa itu puisi.

Puisi itu merupakan salah satu jenis karya sastra menulis yang unik, menarik, dan indah untuk di baca atau didengarkan. Perbedaannya dengan karya sastra seperti Drama atau Prosa sangat terlihat pada pola penulisannya. Drama lebih menunjukkan ke unsur tokoh, cerita, alur, dan setting secara rinci.

Cara Membuat Puisi Paling Mudah Bagi Pemula

Sedangkan Prosa lebih menitikberatkan pada monolog, gaya bicara, atau keterurutan waktu. Namun, pada Puisi kata-kata yang tertulis merupakan kata-kata pilihan (diksi) dan kata yang terbaik dari kosakata yang dipilih. Jadi disitulah letak kesulitan kita dalam membuat sebuah puisi.

Baca: Perbedaan Puisi, Drama, dan Prosa Lengkap


Tapi kamu tidak usah khawatir, saya akan membagikan cara menulis puisi yang menarik, unik, dan terkesan cukup professional. Begini langkah-langkahnya.

1. Tentukan tema

Pada saat kita akan membuat sebuah puisi, pastikan kita sudah tahu tema apa yang akan diambil. Ini sangat penting, agar puisi yang akan kita buat tidak sampai keluar dari tema yang akan diusung. Misalkan tentang Orangtua, Pacar, Hewan, Keindahan Alam, Kritik terhadap seseorang, dan lain sebagainya. Usahakan pilih tema yang kamu anggap paling mudah, jangan memaksakan untuk memilih tema yang kamu belum bisa terbayangkan kata-katanya.

2. Pemilihan kata (diksi) yang tepat

Sebagai bahan membuat puisi, kita wajib memperkaya pengetahuan kosakata. Baik itu bahasa yang baku atau bahasa tidak baku. Karena pemilihan kata yang tepat dapat memudahkan si pembaca agar mengetahui pesan atau amanat yang terkandung dalam puisi kita. Misal, sebelum membuat puisi kita sudah mengumpulkan kosakata yang berakhiran sama, atau kosakata dengan tema yang sesuai. Ini dapat mempermudah kita dalam menuangkan ide, tanpa perlu berpikir lama dalam menempatkan kosakata yang tepat pada bait.

3. Sesuaikan bait demi bait

Ini hal yang sering kita lupakan ketika membuat puisi. Bait merupakan hal yang cukup penting dalam pembuatan puisi. Seperti halnya pada Drama atau Prosa, bait bisa kita samakan dengan paragraf. Antara bait pertama dengan bait berikutnya harus ada keterkaitan makna. Jangan sampai mengandung makna yang berbeda antar bait dalam puisi kita.

Misal kita membuat puisi tentang Ibu, bait pertama berkisah tentang kasih sayangnya, terus bait kedua tentang kuatnya ibu belanja di pasar, ini kan walaupun satu tema namun keterkaitan maknanya terlalu jauh.

4. Tentukan judul yang tepat

Setelah puisi kita sudah selesai tiap bait, maka langkah terakhir adalah membuat judul yang tepat. Hal ini sangat penting, karena judul merupakan rangkuman utama puisi kita. Jika judul dengan isi puisi kita tidak sesuai atau tidak sinkron maka bisa dipastikan si pembaca akan merasa bingung.

Misalkan kita membuat puisi tentang pacar yang sangat cantik, namun pada judulnya kita hanya memberi kata KECANTIKAN, seperti itu sangat tidak direkomendasikan. Berilah judul yang singkat namun bermakna, misalnya TAK SALAH MEMILIHMU, atau KAU TERLALU CANTIK.

Jadi, perhatikan dengan baik ya 4 langkah di atas sebagai bahan kamu membuat puisi yang bagus dan menarik. Nah, itulah cara mudah dalam membuat puisi yang saya tuliskan di atas. Semoga kita dapat melestarikan karya-karya sastra Indonesia. #salamPuitis

Baca Juga:

Mau puisi atau karya sastra kamu di tampilkan di situs ini? Silakan kirim karya kamu dengan klik >> KIRIM KARYAMU. Tulisan tentang Cara Membuat Puisi Paling Mudah Bagi Pemula ini, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi kamu semua.
loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close