-->

Artikel Terbaru

10 Strategi Belajar Berikut ini Bikin Kamu Makin Pintar

Belajar merupakan perubahan yang relatif permanen dalam perilaku atau potensi perilaku sebagai hasil dari pengalaman atau latihan yang diperkuat. Belajar juga merupakan akibat adanya interaksi antara stimulus dan respon. (wikipedia)

10 Strategi Belajar

Nah, bagi kamu yang masih belajar di sekolah maupun di perguruan tinggi, terutama kamu-kamu yang duduk di semester akhir, yuk bareng-bareng perhatikan 10 strategi dalam belajar di bawah ini agar daya ingat kita semakin kuat dan bisa diandalkan.

1. Evaluasi Diri (Penilaian Diri)

Sebagai seorang siswa kamu harus mempunyai prakarsa sendiri untuk menilai kualitas atau kemajuan pekerjaan diri kamu sendiri.

2. Mengorganisasi dan Mengubah

Kamu juga harus mempunyai pemikiran untuk mengatur kembali bahan-bahan pelajaran untuk memperbaiki cara belajarnya sendiri.

3. Menentukan Rencana dan Tujuan

Penentuan rencana dan tujuan yg menyangkut penentuan target untuk melengkapi tugas / kegiatan belajar.

4. Mencari Informasi

Usahakan untuk mendapatkan informasi dari sumber-sumber tertulis atau bertanya dari yg lebih tahu ketika mengerjakan tugas-tugas sekolah.

5. Mencatat dan Memonitor

Usahakan untuk merekam kejadian-kejadian / hasil belajar.

6. Mengatur Lingkungan

Dalam belajar biasakan untuk memilih atau mengubah lingkungan belajar agar dapat belajar dengan baik.

7. Konsekuensi Diri

Menunjuk pada rencana atau imajinasi kamu tentang hadiah atau hukuman yg akan diberikan untuk keberhasilan maupun kegagalan sendiri.

8. Mengulang dan Mengingat

Perlu untuk mengingat bahan-bahan dalam bentuk latihan dalam hati ataupun pikiran.

9. Mencari Bantuan

Jika mengalami kesulitan, carilah bantuan dari teman sebaya, guru maupun orang dewasa lainnya dalam kegiatan belajar kamu.

10. Mereview atau Menelaah Catatan

Setelah proses pembelajaran usahakan untuk membaca kembali catatan, tes yg sudah lalu maupun buku-buku pelajaran untuk menghadapi pelajaran di kelas maupun untuk menghadapi ulangan.

Nah, ternyata gak sulit kan semua metode belajar di atas. Silakan praktikan ya sob.

Baca Juga:

Mau puisi atau karya sastra kamu di tampilkan di situs ini? Silakan kirim karya kamu dengan klik >> KIRIM KARYAMU. Tulisan tentang 10 Strategi Belajar Berikut ini Bikin Kamu Makin Pintar ini, mudah-mudahan bisa memberi inspirasi bagi kamu semua.
loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close